PBI Bantu Korban Gempa Simangumban



Medan (Waspada) - Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Batak Islam (DPP PBI) menyerahkan bantuan bahan kebutuhan pokok korban gempa di Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Demikian Wakil Sekretaris Jenderal DPP PBI, Mayjen Simanungkalit mengungkapkan di Medan, Rabu (4/6).

Disebutkannya, bantuan itu antara lain beras, mi instan, ikan asin dan obat-obatan yang diserahkan langsung kepada para korban oleh fungsionaris DPP PBI mengunjungi daerah bencana.



Menurut Mayjen, pemberian bantuan itu kepada dua desa terparah akibat gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter yang melanda Padang Sidempuan dan Taput 19 Mei 2008, Kedua desa tersebut Sibulan-bulan dan Simangumban Jae, Kecamatan Simangumban.

Bantuan diterima Kepala Desa Sibulan-bulan, John Asril Sihombing dan Kepala Desa Simangumban Jae, Umar Ritonga.

Selain Mayjen Simanungkalit, fungsionaris DPP PBI yang meninjau lokasi bencana adalah Abyadi Siregar, Parlindungan Sormin dan Husor Parisan Sitompul yang sekaligus juga putra daerah setempat.

“Bantuan yang diberikan itu semoga dapat meringankan beban warga tertimpa musibah,” kata Mayjen.

Warga sampai kini masih trauma gempa susulan yang sesekali terjadi. Di antara mereka memilih untuk tinggal di tenda-tenda darurat dan belum berani pulang ke rumah, terutama di Dusun Sipetang, Aeksah dan Dusun Bombongan.

Menurut Mayjen, pihak kecamatan bekerja sama dengan Kodim Taput juga masih terus mendata kerugian yang ditimbulkan bencana gempa disusul banjir bandang.

“Kerusakan terparah menimpa rumah warga , bangunan sekolah, rumah ibadah serta puluhan hektar sawah yang dipenuhi pasir dan lumpur banjir bandang,” ujarnya. (ms)